Parade 1000 Pendekar dan Gelar Pangsi Betawi

Parade 1000 Pendekar dan Gelar Pangsi Betawi

216
SHARE

Car free day Jakarta kali ini berbeda dengan seperti biasanya, tampak ribuan pendekar baik tua maupun muda dengan baju pangsi berjalan bersama dengan tertib dan santun dengan membawa papan bertuliskan nama perguruan atau padepokan masing-masing.

Lebih dari 1500 pendekar betawi dari 119 padepokan atau perguruan silat tradisional betawi dari berbagai aliran berkum;ul pada acara yang bertajuk ‘ 1000 pendekar dan gelar pangsi betawi “ yang diprakarsai oleh Rumah Edukasi Aktivis Seni Betawi atau lebih dikenal dengan Redaksi Betawi atau Red Betawi pimpinan Babe Untung M Napis ( Minggu, 14/06 )

Mereka berkumpul bersilaturahim antar perguruan dan saling unjuk kebolehan masing-masing ciri perguruan ataupun padepokan. Acara ini dilaksanakan dalam rangka menyambut perayaan HUT Jakarta yang jatuh pada 22 Juni mendatang. Selain itu juga menjadi ajang silaturahmi padepokan atau sanggar seni Pencak Silat Betawi, dan dalam rangka mengenalkan Pangsi, dimana masyarakat mengal sebagai pakain para jawara, padahal dalam kesehariannya pangsi juga dipakai oleh para alim ulama dimasanya dulu namun dengan warna yang lebih kalem seperti krem atau putih.

Dalam kesempatan ini hadir juga para sesepuh pencak silat, salah satunya mantan Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) sekaligus tokoh pencak silat internasional, Babe Eddy Marzuki Nalapraya, Biem Benyamin, Syaifullah, Sekda DKI Jakarta dan tokoh-tokoh Betawi lainnya.
Perguruan Silat Betawi “ Beksi 4 Bintang” pun turut berpartisipasi pada acara tersebut, dengan menurunkan lebih dari 100 anggotanya. Bahkan diantara rombongan turut hadir juga keturunan dari 4 tokoh beksi yaitu mpek Lie Djie Tong cucu dari Lie Cheng Oek, Bapak H Edi Wijaya putera dari Mpek Lie Djie Tong,  Babe M Sofyan atau lebih dikenal Kong Mamat putera dari Ki Marhali, Babe H. Mashur Hasbulloh anak dari Babe H. Hasbulloh, Naufal Heryawan cucu dari Babe H. Gozali dan H Irvansyah ketua umum PPS Betawi Beksi 4 Bintang beserta pengurus lainnya.

Nama Perguruan Silat Betawi “ Beksi 4 bintang”  adalah sebagai bentuk penghargaan serta penghormatan kepada 4 tokoh Guru Besar Beksi yaitu Lie Ceng Oek, Ki Marhali bin Sainan, H. Ghazali bin Gatong dan H. Hasbullah bin H Misin.