Kalau Lebah Sampai Punah, Bumi dan Seisinya Bisa Hancur, Begini Teorinya

Kalau Lebah Sampai Punah, Bumi dan Seisinya Bisa Hancur, Begini Teorinya

88
SHARE

Pernahkan kalian menyadari bahwa setiap makhluk yang ada di dunia ini memiliki keterkaitan satu dengan lainnya. Segalanya sudah diatur sedemikian rupa oleh Sang Pencipta sehingga jika ada satu yang hilang kekacauan bisa saja terjadi. Kalau hal ini terus dibiarkan bisa saja bumi dan segala isinya hancur baik di sektor ekonomi, kesehatan, dan kemanusiaan.

Sekarang coba kita bayangkan bersama-sama. Bagaimana jika lebah yang menghasilkan madu itu mendadak hilang. Bagaimana lebah yang membantu penyerbukan itu hilang begitu esok hari. Kira-kira apa yang akan terjadi ya? Hmm, yuk kita simak kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

Banyak Sayuran dan Buah Tidak Tumbuh dengan Baik

Kelihatannya sangat sepele, dan kamu akan bilang: ah sayuran jenisnya banyak, bisa lah menanam yang lain. Ya, hal itu memang mungkin dilakukan, namun kamu harus memperhatikan sebuah fakta mengejutkan. Menurut PBB dalam hal ini FAO, sekitar 70 dari 100 buah dan sayur yang memenuhi 90 persen kebutuhan nutrisi di seluruh dunia dibantu lebah saat penyerbukannya.

penyerbukan [image source]

Tidak adanya lebah akan membuat penyerbukan tanaman seperti apel,almond, anggur, hingga kopi bisa terhambat. Manusia tidak mungkin melakukan penyerbukan secara manual kan? Kalau satu kota sawah sih mungkin bisa dilakukan, kalau berhektare sawah dan ladang bagaimana? Hanya lebah madu yang bisa melakukannya dengan sempurna.

Harga Sayuran dan Daging Akan Meningkat Tajam

Sekarang coba bayangkan, apa yang akan terjadi jika banyak ladang apel gagal panen? Bayangkan pula apa yang akan terjadi jika banyak produk sayuran dan buah di sawah gagal memproduksi banyak hasil. Yep, harga dari bahan ini akan meningkat dengan sangat tajam. Bahkan harga dari sayuran bisa saja lebih mahal dari barang-barang elektronik.

harga daging meroket [image source]

harga daging meroket [image source]

Oh ya, selain sayuran, harga daging kemungkinan akan naik. Beberapa sapi membutuhkan rumput berjenis alfafa. Tanpa penyerbukan dari lebah, rumput ini tidak bisa tumbuh dengan subur dan menghasilkan banyak nutrisi. Tidak adanya rumput ini akan membuat sapi kekurangan nutrisi yang berakibat naiknya harga dari produk daging hingga susu.

Harga Kain dan Pakaian juga Ikut Meroket

Lho, kok bisa? Bisa dong, beberapa jenis kain seperti katun membutuhkan kapas untuk seratnya. Kapas bisa tumbuh dan berbuah dengan baik jika dibantu oleh lebah. Jadi bisa dibayangkan jika lebah tidak ada. Bagaimana penyerbukan dari kapas yang jumlahnya pasti banyak di sebuah perkebunan atau persawahan.

perkebunan kapas [image source]

perkebunan kapas [image source]

Mungkin masalah serat kain bisa diganti menggunakan bahan sintetis. Namun, katun tetaplah bahan terbaik yang dicari oleh banyak orang. Baju dengan bahan ini akan menjadi benda mewah dan mahal. Industri kapas di seluruh dunia akan mengalami masa kebangkrutan karena bahan yang menjadi andalan mereka tidak bisa tumbuh dengan baik.

Munculnya Banyak Malnutrisi di Seluruh Dunia

Tidak bisa dimungkiri lagi bahwa tubuh yang kita miliki membutuhkan banyak sekali nutrisi. Setiap hari beragam vitamin dan mineral serta makronutrien harus masuk dengan seimbang. Tanpa memiliki ini, tubuh manusia akan mengalami malnutrisi yang mengganggu pertumbuhan organ pada anak-anak dan menurunkan daya tahan manusia secara menyeluruh.

malnutrisi [image source]

malnutrisi [image source]

Oh ya, penyerbukan yang dibantu oleh lebah menyediakan banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi seperti kalsium, fluoride, zat besi, Vitamin A, C, E, dan masih banyak lagi. Tanpa vitamin A organ mata akan terganggu. Tanpa vitamin C, daya tahun tubuh bisa drop. Tanpa lebah, segala masalah ini akan berkumpul menjadi satu.

 Ekonomi Dunia Akan Terguncang Hebat

Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa dihilangkan begitu saja. Jika sektor ini mengalami kenaikan harga yang signifikan, banyak penduduk akan akan mengalami kelaparan. Perusahaan yang berkecimpung di sektor ini bisa saja gulung tikar dan mengakibatkan banyak sekali karyawan mengalami pengangguran.

pedagang di pasar [image source]

pedagang di pasar [image source]

Ini masih belum berhenti, kebutuhan pokok selanjutnya dari manusia adalah sandang atau pakaian. Jika sektor ini juga mengalami kenaikan yang signifikan, kira-kira apa yang akan terjadi? Masalah demi masalah akan menimbulkan efek domino yang cukup parah dan mengakibatkan umat manusia akan terancam kelangsungan hidupnya.

Inilah beberapa hal yang akan terjadi jika sampai lebah yang sangat kecil itu lenyap. Segala hal yang ada di dunia ini telah diatur. Bahkan lebah dan madunya sampai ada di dalam Alquran. Dari sini terlihat jelas bahwa hewan ini sangatlah penting bagi kehidupan manusia.

Sumber berita