Luar Biasa! Ada Sungai Penuh Batu Akik Mentah di Ende

Luar Biasa! Ada Sungai Penuh Batu Akik Mentah di Ende

70
SHARE

Ende – Bentang alam Ende di NTT yang berupa pegunungan batu ternyata membawa berkah. Ada sebuah sungai di Ende yang penuh dengan bebatuan berupa yang kalau jeli melihatnya, merupakan bongkahan batu akik kualitas istimewa.

Booming batu akik di Kota Ende, NTT belum begitu terasa gaungnya. Itulah yang dirasakan dan dilihat langsung oleh detikTravel, saat beberapa minggu yang lalu berkunjung ke Ende. Belum banyak warga Ende yang menggemari batu akik.

Meskipun begitu, hal ini tidak menyurutkan semangat detikTravel beserta rombongan wartawan lain, untuk melihat Sungai Wolowona, salah satu sungai yang penuh dengan bebatuan di Ende. Hitung-hitung cuci mata dan berburu batu akik tentunya.

“Ini namanya Sungai Wolowona, salah satu dari 2 sungai yang mengalir di Ende. Bebatuan di sini besar-besar, coba nanti kita berhenti sebentar. Siapa tahu ketemu batu akik di sana,” ujar Eduard Riwu, pemandu yang menemani kami selama perjalanan.

Benar saja! Di tengah perjalanan pulang dari Danau Kelimutu menuju ke pusat Kota Ende, mobil rombongan berhenti sebentar di sekitar Kilometer 14, untuk turun ke Sungai Wolowona dan mencari-cari batu akik untuk dibawa pulang.

Salah satu dari kami menemukan sebuah bongkahan batu berwarna ungu yang ukurannya cukup besar. Sampai-sampai perlu 2 tangan untuk mengangkatnya. Beberapa lagi menemukan batu berwarna semburat merah, orange dan juga putih susu.

“Di sini memang ada banyak batu, kalau jeli kita bisa dapat batu akik. Tinggal dipotong, terus dipoles, jadilah cincin batu akik. Rasanya beda kalau mencari sendiri, beda kalau beli. Ada kepuasan tersendiri,” tutur Eduard.

Traveler yang tertarik, bisa langsung datang ke Ende untuk iseng ikut mencari akik di Sungai Wolowona. Siapa tahu dari iseng, bisa berbuah keberuntungan dapat batu akik kualitas wahid dari Ende. Tapi jangan serakah mengambilnya, secukupnya saja dan perhatikan juga kelestarian alam ya!

091741_wolowona2

Sumber : http://travel.detik.com/read/2015/08/26/091555/3001361/1519/luar-biasa-ada-sungai-penuh-batu-akik-mentah-di-ende