Makanan/minuman Yang Menyebabkan Ketagihan/kecanduan Mengandung Zat Adiktif

Makanan/minuman Yang Menyebabkan Ketagihan/kecanduan Mengandung Zat Adiktif

1550
SHARE

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ada makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi sehari-hari secara luas di masyarakat ternyata mengandung zat adiktif.  Zat adiktif adalah suatu zat yang dapat membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi ketagihan alias kecanduan.  Sekali kecanduan, seseorang bisa ingin terus menerus memakan atau meminum makanan minuman yang mengandung zat adiktif tersebut.

Kecanduan makanan atau minuman karena rasa makanannya / minumannya  yang memang enak sudah pasti menjadi suatu hal yang sangat berbeda dengan kecanduan makanan atau minuman yang disebabkan oleh zat adiktif yang terkandung di dalamnya.  Jika seseorang memang doyan dengan suatu makanan yang tidak mengandung zat adiktif, maka orang tersebut bisa jadi ketagihan.

Contoh Beberapa Makanan dan Minuman yang Mengakibatkan Kecanduan / Ketagihan Pada Manusia :

1. Kopi

Kopi mengandung cafein yang dapat membuat peminumnya menjadi kecanduan.  Orang yang sering minum kopi lama-kelamaan akan merasa ada sesuatu yang tidak nyaman apabila tidak mengkonsumsi kopi lagi.  Dengan demikian orang yang telah kecanduan minum kopi akan berusaha minum kopi di saat-saat tertentu.

2. Minuman Bersoda dan Minuman Berenergi

Di dalam minuman ringan dan minuman berenergi banyak ditemukan kandungan kafein yang dapat membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi ketagihan.  Selain itu kandungan gula dalam minuman ringan yang mengandung soda juga dapat membuat seseorang menjadi kecanduan.  Beberapa minuman ada yang mengandung kafein yang tinggi yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada orang-orang tertentu.

3. Coklat

Coklat bisa berbentuk batangan, permen, puding, pasta, minuman dan lain sebagainya.  Di dalam coklat terkandung suatu jenis alkaloid, kafein dan juga gula sebagai pemanis yang merupakan zat-zat yang dapat membuat pengkonsumsinya menjadi kecanduan.  Alkaloid dalam cokelat mirip dengan alkaloid yang ada dalam minuman beralkohol sehingga orang yang ketagihan minuman keras (miras) dapat mengkonsumsi coklat untuk meredakan sakaw karena rasa rindu pada miras.

4. Es Krim

Es krim yang kita lihat biasa-biasa saja ternyata termasuk ke dalam makanan yang dapat membuat ketagihan pemakannya.  Di dalam ek krim terdapat lemak dan gula yang dapat menyebabkan rasa ingin lagi dan lagi pada orang yang memakannya.  Bahkan menurut suatu penelitian mengungkapkan bahwa tingkat candu es krim dan kokain adalah hampir sama.

5. Keju

Di dalam keju terdapat berbagai zat morfin dan juga kasein yang mampu membuat orang menjadi senang makan keju secara terus-menerus.  Walaupun namanya cukup menyeramkan karena ada kata morfinnya, namun keju tetap halal dan legal untuk dikonsumsi manusia karena tidak termasuk dalam golongan narkoba.

6. Makanan Cepat Saji (Fast Food)

Makanan cepat saji biasanya mengandung berbagai zat adiktif yang menyebabkan kecanduan pada diri seseorang.  Zat-zat adiktif tersebut antara lain seperti gula, garam, lemak, keju, kasein, dan lain sebagainya.  Rasa makanan cepat saji yang enak dan gurih pun juga menambah rasa ingin lagi dan lagi pada para konsumennya.

7. Permen / Gula-Gula

Permen biasanya berbahan dasar gula pasir yang rasanya manis tawar.  Gula dapat membuat seseorang kecanduan karena gula dapat memicu produksi insulin dalam tubuh.  Banyak orang yang menyukai minuman manis yang dimaniskan dengan gula.  Sebagian besar makanan dan minuman yang ada di sekitar saat ini menggunakan gula sebagai salah satu bahan pembuatannya.

8. Bahan Aditif Makanan Minuman

Kadangkala bahan kimia dimasukkan ke dalam makanan untuk mendapatkan rasa, bentuk, penampilan, tekstur, aroma, dan lain sebagainya mudah dan cepat.  Namun banyak yang tidak menyadari bahwa ada beberapa bahan tambahan makanan dan minuman yang dapat membuat kecanduan pada orang-orang yang mengkonsumsinya.  Beberapa di antaranya adalah seperti MSG (monosodium glutamate), Propyl Gallate, Sodium Nitrit, Butylated hydroxyanisole (BHA) dan butylated hydrozyttoluene (BHT).  Apabila dikonsumsi terlalu banyak dikhawatirkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang cukup serius.

9. Minuman Beralkohol (Mihol) / Minuman Keras (Miras)

Minuman keras yang mengandung alkohol membuat orang yang mengkonsumsinya merasa nyaman, rileks, hangat, dan lain-lain.  Di samping itu minuman keras beralkohol juga dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesadaran akibat mabuk dan juga gangguan kesehatan apabila dikonsumsi terlalu berlebihan.

10. Teh

Teh mengandung teanin yang mirip dengan kafein pada kopi.  Teanin dampaknya tidak terlalu kuat pada tubuh manusia jika dibandingkan dengan kafein kopi.  Minum teh dapat membuat seseorang menjadi merasa siaga, lebih mudah konsentrasi, dan tidak mengantuk.  Teh dapat merangsang sistem saraf pusat yang terdapat di dalam tubuh kita.  Minumlah teh sewajarnya dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari berbagai sisi negatifnya.

Sebagai orang yang baik kita sudah semestinya harus melakukan introspeksi diri dengan melihat makanan dan minuman yang telah kita konsumsi selama ini.  Jika memang ada makanan atau minuman yang tidak baik untuk kita konsumsi, maka ada baiknya kita menghindar dari makanan maupun minuman yang dapat menyebabkan kencanduan.  Semoga tulisan ringan nan sederhana ini mampu memberikan manfaat untuuk kita semua.  Terima kasih.

 

Sumber Berita