Nabi Khidir, Sosok Pendamping Musa AS yang Dikabarkan Masih Hidup Hingga Detik...

Nabi Khidir, Sosok Pendamping Musa AS yang Dikabarkan Masih Hidup Hingga Detik ini

1353
SHARE

Nabi Muhammad dikatakan sebagai utusan Allah paling akhir alias pemungkas dari para nabi dan rasul. Jadi, setelah beliau takkan ada lagi nabi atau rasul, kecuali Nabi Isa yang nanti akan muncul menjelang hari kiamat. Meskipun demikian, ada satu Nabi yang menurut banyak orang masih hidup hingga hari ini. Ya, beliau ini adalah Nabi Khidir.

Tentang Nabi Khidir, hampir tak ada satu pun mushaf atau kitab yang menceritakan detail tentang kehidupan beliau. Meskipun demikian, kita masih bisa mendapatkan serpihan-serpihan cerita tentang Nabi yang namanya tidak wajib diketahui ini. Beberapa di antaranya adalah kisahnya dengan Nabi Musa atau soal eksistensi beliau yang katanya abadi sampai hari kiamat.

Lebih jauh tentang Nabi Khidir, berikut adalah deretan fakta-fakta tentang beliau yang pasti bakal membuatmu kagum dan tercengang.

Nabi Khidir Tak Pernah Diketahui Asal Usulnya

Seperti yang dijelas di atas, manusia benar-benar buta soal detail Nabi Khidir. Belum pernah ada satu kitab pun yang membahas secara lengkap soal sang Nabi. Siapa ayah dan ibunya, berapa jumlah putra-putrinya, lalu di mana beliau tinggal, hal tersebut masih belum diketahui hingga sekarang.

Lukisan Nabi Khidir dan Dzul Qarnain [Image Source]

Namun, soal asal usul sang Nabi, pernah ada sebuah web yang menuliskannya dengan cukup detail. Di web tersebut dikatakan jika Nabi Khidir adalah sepupu Raja Dzul Qarnain yang diceritakan sebagai pencipta tembok Yakjuj Makjuj. Kedudukan Nabi Khidir sendiri ketika itu adalah sebagai penasehat raja. Sayangnya, fakta ini masih belum benar-benar bisa dibuktikan kebenarannya. Jadi, asal usul Nabi Khidir masih tetap belum terungkap.

Sosok yang Sangat Bijaksana dan Berilmu Tinggi

Nabi Khidir dikenal bukan hanya karena kemisteriusannya, tapi juga rumor soal beliau yang sangat berilmu tinggi dan juga bijaksana. Dikatakan jika Nabi Khidir menguasai ilmu Laduni di mana beliau bisa melakukan hal-hal apa pun yang tak bisa dilakukan oleh manusia. Salah satu yang paling terkenal adalah kemampuan beliau yang sanggup membaca masa depan.

Sosok berilmu dan bijaksana [Image Source]

Tak hanya berilmu tinggi, sosok Nabi Khidir juga sangat bijaksana. Setiap tutur katanya mengandung hikmah yang begitu dalam. Makanya, Allah pun sampai menyuruh Nabi Musa untuk berguru kepada Nabi Khidir sebagai bukti jika ilmu Allah itu tidak terbatas.

Ketika Nabi Musa Tak Sanggup Bersama Nabi Khidir

Cerita yang paling dikenal tentang Nabi Khidir adalah kisah beliau bersama Nabi Musa. Jadi, awalnya Allah menyuruh Nabi Musa untuk berguru kepada Nabi Khidir lantaran Nabi Musa mengatakan dirinya yang paling berilmu. Singkat cerita, bertemulah kedua Nabi ini. Kemudian Nabi Musa mengatakan ingin berguru dan Nabi Khidir pun menyanggupinya asal Nabi Musa tak banyak tanya. Nabi Musa mengiyakan dan keduanya pun melakukan perjalanan.

Tak sampai beberapa lama, Nabi Khidir pun membuat Nabi Musa bertanya-tanya ketika beliau merusak sebuah perahu. Tak lama kemudian, Nabi Khidir membunuh seorang anak kecil, lalu yang terakhir adalah membangun sebuah rumah yang rubuh. Sebenarnya masih banyak kejadian lanjutan yang akan terjadi, namun Nabi Musa sudah tak kuat untuk bertanya. Begitu diceritakan oleh Nabi Khidir, Nabi bani Israil tersebut pun tersentak karena ini tak seperti dugaannya.

Kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa [Image Source]

Ada maksud lain di balik perilaku Nabi Khidir tersebut dan Nabi Musa pun mengakui kalau dirinya tak lebih berilmu. Akhirnya hubungan singkat guru dan murid ini pun berakhir dengan Nabi Musa yang semakin menyadari kesalahannya.

Nabi Khidir Dipercaya Masih Hidup

Selain cerita bersama Nabi Musa, hal yang paling diketahui manusia soal Nabi Khidir adalah kepercayaan kalau sang nabi ini berumur sangat panjang. Bahkan banyak yang mempercayai jika Nabi Khidir masihlah hidup sampai sekarang ini, meskipun keberadaannya tak pernah diketahui.

Nabi Khidir berumur panjang [Image Source]

Soal Nabi Khidir yang berumur panjang, ternyata hal tersebut pernah diungkapkan oleh Ibnu Abbas. Beliau mengatakan jika Nabi Khidir adalah seseorang yang sangat taat kepada Allah dan ditangguhkan ajalnya. Dari ungkapan ini kita bisa simpulkan jika kemungkinan besar Nabi Khidir masih hidup sampai sekarang. Ibnu Abbas sendiri bukan orang sembarangan, beliau adalah paman dari Nabi Muhammad.

Keistimewaan Lain Seorang Nabi Khidir

Tak hanya berilmu tinggi, bijaksana, dan berumur panjang, Nabi Khidir masih memiliki satu keistimewaan lainnya. Hal tersebut tak lain adalah mukjizat beliau yang sanggup menghijaukan alam. Jadi, ke mana pun kaki beliau melangkah maka tanah di sekitarnya yang kering akan tumbuh rerumputan hijau.

Keistimewaan Nabi Khidir [Image Source]

Mukizat ini sendiri juga tak tertulis di buku mana pun, tapi kalau merujuk dari nama beliau sendiri, mungkin saja Nabi Khidir memang punya kemampuan tersebut. Nama Nabi Khidir berasal dari kata Al-Khidr yang secara harfiah berarti seseorang yang hijau.

Sebagai seorang Muslim, kita harus meyakini keberadaan Nabi Khidir. Pasalnya, kisah beliau dengan Nabi Musa sendiri ada dalam Al-Qur’an. Jadi, secara tak langsung kita turut meragukan Al-Qur’an kalau tidak meyakini keberadaan Nabi Khidir. Terlepas dari segala hal unik dan ajaib tentang beliau, yang jelas Nabi Khidir adalah sosok manusia yang bijaksana dan sangat taat kepada Allah.

 

Sumber berita