Pencak Silat Betawi Diusulkan Jadi Kegiatan Ekstakurikuler di Sekolah

Pencak Silat Betawi Diusulkan Jadi Kegiatan Ekstakurikuler di Sekolah

131
SHARE

Jakarta – Setelah Peraturan Daerah (Perda) tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi disahkan oleh DPRD DKI kemarin, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI langsung menggelar pertemuan dengan Perguruan Pencak Silat Beksi Empat Bintang, di Balai Kota DKI, Jakarta.

Hasil pertemuan tersebut, Pemprov akan mengusulkan bela diri pencak silat dari Betawi ini bisa dimasukkan sebagai pelajaran muatan lokal (mulok) dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.

“Yang mendapat perhatian saya adalah tentang ilmu bela diri Betawi. Karena Perguruan Pencak Silat Beksi ini kan aliran bela diri Betawi, yang kemudian berkembang membentuk yayasan untuk mengembangkan kebudayan Betawi. Nah kita ingin anak-anak diberikan muloknya adalah silat Betawi, jadi kegiatan ekstrakurikuler,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, seusai bertemu dengan Pengurus Perguruan Pencak Silat Beksi Empat Bintang di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (20/8).

Mantan Wali Kota Blitar ini menginginkan kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat Betawi ini sudah dimasukkan sebagai pelajaran mulok mulai tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Menurutnya, dengan mempelajari ilmu bela diri, bukan akan menjadikan anak-anak menjadi seorang jagoan. Tetapi justru menjadikan anak-anak sehat jasmani dan rohani.

Terlebih lagi, lanjutnya, masih kerap terjadi tawuran antarpelajar atau warga. Peristiwa ini diakibatkan banyak pelajar dan warga yang tidak bisa mengendalikan emosinya. Karena itu, dengan belajar ilmu bela diri, mereka diajarkan bagaimana bersikap rendah hati dan mengendalikan emosi.

“Jakarta itu kan banyak orang stres, tidak bisa mengendalikan diri. Maka dari itu, kita harusnya sejak dini mempersiapkan mental dan karakter yang tangguh dan baik dengan ilmu bela diri,” ujarnya.

Lenny Tristia Tambun/LIS

Sumber : http://www.beritasatu.com/aktualitas/300507-pencak-silat-betawi-diusulkan-jadi-kegiatan-ekstakurikuler-di-sekolah.html